Ekonomi Bisnis
Home / Ekonomi Bisnis / BGN Gelar Pelatihan Penjamah Makanan di Bintuni, Dukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden

BGN Gelar Pelatihan Penjamah Makanan di Bintuni, Dukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden

Teluk Bintuni, IndikatorNews.co.id – Badan Gizi Nasional (BGN) menyelenggarakan Pelatihan Petugas Penjamah Makanan pada Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG), bertempat di salah satu hotel di Distrik Bintuni Timur, Sabtu (27/09/2025).

Kegiatan berskala nasional ini diikuti oleh 108 peserta, terdiri dari 23 peserta daring dari Topoy dan 85 peserta luring, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, serta DPC Persagi.

Direktur Penyediaan dan Penyaluran BGN Wilayah III Indonesia Timur, Enny Indarti, dalam sambutannya secara daring menyampaikan apresiasi kepada para relawan gizi. Ia menekankan pentingnya peran mereka dalam menyukseskan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicanangkan Presiden Prabowo.

“Terima kasih Bapak Ibu sekalian sudah menjadi tulang punggung kami. Presiden berkomitmen menjaga program Makan Bergizi Gratis hingga akhir masa jabatannya. Mari kita olah dengan baik agar bermanfaat bagi anak-anak penerima manfaat,” ujarnya.

Enny juga menekankan pentingnya keamanan pangan dalam penyediaan menu bergizi. Menurutnya, banyak kasus keracunan pangan terjadi akibat kelalaian dalam pengelolaan makanan.

Sidak Harga Beras di Teluk Bintuni: Tim Satgas Temukan Harga Masih Di Atas HET

“Pilih bahan pangan yang segar, ikan harus bersertifikat, pengolahan dilakukan matang, serta sayur dan buah dalam kondisi baik. Jangan sampai terjadi keracunan yang merugikan anak-anak,” tegasnya.

Selain itu, BGN juga menyiapkan sertifikasi halal bagi petugas penjamah makanan serta pelatihan lanjutan (TOT) agar para relawan SPPG memiliki kompetensi standar.

Enny berpesan agar para kepala SPPG segera mendaftarkan relawan keikutsertaan jaminan serta menjaga integritas, karena para tenaga gizi dan akuntan yang terlibat akan berproses menuju P3K.

“Bekerjalah dengan hati. Kami dari BGN secara bertahap akan terus meningkatkan kesejahteraan Bapak Ibu sekalian,” pungkasnya.

Berikut Tanggapan dan Solusi Kepala Dinas Perindagkop Bintuni Mengenai Pasar Rakyat Manimeri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *